Minggu, 15 Mei 2016

ISLAMIC DEVELOPMENT BANK DUKUNG PERKEMBANGAN PARIWISATA NTB

Provinsi NTB nampaknya telah memiliki daya tarik internasional, terlihat dari kedatangan tokoh-tokoh kaliber internasional ke NTB. Salah satunya adalah presiden Islamic Development Bank (IDB), Dr.Ahmad Mohamed Ali pada 25 – 26 April 2016 lalu. Kedatangannya ke NTB merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Roadshow mempromosikan sidang tahunan (IDB) ke-41yang akan dilaksanakan di Jakarta. Ia memilih untuk mengunjungi NTB dikarenakan tertarik dengan perkembangan wisata syariah NTB yang mendunia serta sebagai tindak lanjut dari dukungan yang diberikan IDB atas pembangunan Proyek Mandalika Resort dan Global Hub Kayangan.

Kedatangannya disambut antusias oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M Zainul Majdi di Bandara international Lombok (BIL) pada 25 April. Setelah itu, Gubernur mengajak Dr. Ahmad Mohammad Ali untuk makan malam bersama di Pendopo Gubernur sebagai bentuk ungkapan selamat datang. Dalam acara tersebut Gubernur menyampaikan rasa terima kasihnya atas nama penduduk NTB kepada Presiden NTB yang telah memilih NTB sebagai 1 dari dua daerah yang dikunjunginya selama di Indonesia.

Acara tersebut kemudian disambung dengan seminar Socializing IDB Role in Infrastructure Development and Reduction in Indonesia yang dilaksanakan keesokkan harinya (26/04). Hadir dalam acara tersebut Menteri Keuangan Republik indonesia, Bambang Permadi Spemantri Brodjonegoro, Ketua BPK RI Dr. Harry Azhar Azis serta ratusan penggerak ekonomi NTB baik dari pelaku perbankan, UMKM, Pengusaha, Akademisi dan tokoh masyarakat.

Presiden Islamic Development Bank (IDB) Group, Dr.Ahmad Mohamed Ali pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa kunjungannya ke Indonesia, selain untuk memperkuat kemitraan antara Indonesia sebagai salah satu anggota IDB, juga sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan melalui pembangunan infrastruktur. Khusus ke Provinsi NTB, hal ini terkait rencana pembangunan infrastruktur maritim dan kota baru global hub bandar kayangan di Kabupaten Lombok Utara.
“Industri pariwisata halal belakangan ini banyak mengalami perkembangan, khususnya di negara muslim dan negara anggota IDB. Untuk itu, mengingat konsep pariwisata halal yang sedang dikembangkan NTB, IDB sangat mendukung kerjasama dengan Provinsi NTB” ujarnya.

Selain itu, Menteri juga menyambut baik konsep yang diajukan Gubernur NTB, yang ingin mengembangkan KEK Mandalika dan Global Hub. Ia sangat mendukung upaya Pemprov NTB membangunan daerah melalui pariwisata. Terlebih, konsep wisata halal yang dipilih, kedepannya dapat menjadikan NTB sebagai alternative lain tujuan wisata bagi turis muslim dunia, disamping Thailand dan Malaysia.  ”Ini menjadi sebuah tantangan besar, bahwa bagaimana Indonesia yang budayanya justru lebih dekat dengan Timur Tengah, dibanding Malaysia dan Thailand, bisa menjadi tujuan alternative bagi wisatawan Timur Tengah. Karena NTB sangat moslem friendly,” ungkap menteri optimis.

Dalam acara tersebut Gubernur NTB, Dr.TGH.M.Zainul Majdi mengungkap harapannya kepada semua pihak untuk dapat memanfaatkan momentum ini dalam membangun kerja sama demi memajukan Indonesia dan khususnya NTB di masa depan.

“Kami sadar betul akan keterbatasan sumber daya insani maupun sumber daya alam NTB yang sangat terbatas. Dengan kesadaran itu, kami mengajak bapak-ibu, para investor dan semua pihak, termasuk IDB sebagai salah satu institusi terhormat di dunia, untuk bersama-sama mebangun NTB dengan segala potensinya,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar